TOPIK 5
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Nama : SYAMSUL ARIFIN
NIM : 240211105800
SEL.11.2-T5-8
Aksi Nyata
LK Individu 24
Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta
untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan
alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan
refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual,
ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan
yang dapat membantu Anda menuliskan blog:
1. Mulai Dari Diri:
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Pada topik ini membahas
tentang Pendekatan strategi metode dan Teknik dengan scaffolding pada ZPD yang
dapat membantu saya menjalankan peran sebagai pendidik dengan baik. Sebelum
mempelajari topik ini saya belum mengetahui ZPD pada peserta didik. Saya belum
mengetahui bahwa topik ini akan membahas mengenai pendekatan, strategi, metode
dan Teknik pembelajaran sesuai ZPD siswa.
2. Eksplorasi
Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Eksplorasi konsep
memberikan pemahaman strategi, metode dan Teknik dalam pembelajaran. Saya
mempelajari karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Guru juga
memperhatikan gaya belajar, motivasi dan kebutuhan belajarnya. Guru akan
membutuhkan pemahaman scaffolding karena sejatinya siswa membetuhkan bimbingan
belajar. Sesuai perspektif Vygotsky Tingkat pencapaian potensial yang dapat
dicapai dengan bantuan mitra yang lebih berpengetahuan (misalnya, seorang guru)
sering dikaitkan dengan konsep zona perkembangan proksimal. Konsep ini direvisi
dalam teori aktivitas belajar.
3. Ruang
Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda
dalam ruang kolaborasi?
Pada bagian ini, kami
diajak untuk berbagi pendapat tentang cara kami memahami pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai Scaffolding pada ZPD.
Setelah saling mengungkapkan pendapat masing-masing, kami berdiskusi untuk mencari
persamaan dan perbedaan dari pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang digunakan sebagai Scaffolding pada ZPD. Dengan bekerja sama
satu sama lain, kami dapat memahami dengan lebih baik tentang scaffolding pada
ZPD.
4. Demonstrasi
Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi
kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan
diri sendiri)?
Hal penting yang saya
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual adalah bahwa seluruh rekan di
dalam kelas telah memahami akan pentingnya penerapan pendekatan ZPD kepada siswa.
Karena dengan menerapkan ZPD maka memicu siswa untuk dapat menggali ilmu
pengetahuan dan keterampilan pada dirinya dengan maksimal. Guru juga dapat
menyesuaikan materi dan Tingkat kesulitan tugas dengan pemahaman siswa yang memungkinkan pendidik lebih terfokus dan
relevan bagi setiap siswa.
Elaborasi
Pemahaman:
Sejauh ini, apa
yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Pemahaman saya tentang
topik ini, scaffolding dan ZPD memungkinkan guru untuk menyelaraskan instruksi
dengan kebutuhan individual siswa, memastikan bahwa setiap siswa mendapat
bimbingan yang sesuai dengan Tingkat kesiapan mereka. Pendekatan ini mempromosikan
pembelajaran aktif dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan dan
pemahaman secara bertahap, sabil embangun rasa percaya diri dan keandirian
dalam proses pembelajaran.
Apa hal baru
yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran
dimulai?
Salah satu hal baru yang
saya pahami atau berubah dari pemahaman awal saya tentang pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD
adalah implementasi pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Setelah saya mempelajarinya, saya
menyadari bahwa menerapkan Scaffolding pada ZPD adalah bisa dilakukan
dengan mengajak kerjasama pihak lain seperti guru mata pelajaran lain dan teman
sebaya peserta didik.
Apa yang ingin
Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin mempelajari
lebih lanjut proses memberikan bantuan kepada peserta didik yang tidak keluar
dari jalur kebutuhannya. Saya juga ingin memahami kebutuhan peserta didik
dengan cara yang mudah dilakukan pendidik.
6. Koneksi Antar
Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata
kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Kaitan dengan prinsip pengajaran
dan asesmen
Perencanaan pembelajaran
dan asesmen harus disusun dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik peserta
didik, serta level dan Tingkat kemampuan peserta didik dengan melakukan asesmen
diagnostik, formatif dan sumatif. Guru dapat mengevaluasi ketercapaian tujuan
pembelajaran.
Kaitan dengan pemahaman
peserta didik dan pembelajarannya
Scaffolding pada ZPD
diberikan pada peserta didik akan bermakna jika pedekatan, strategi, metode dan
Teknik pembelajatan sesuai dengan perkembangan kognitif, afektif, dan
psikomotor peserta didik, sehingga dalam proses pembelajarannya mengakomodir
minat, potensi dan gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Guru dapat menjadi
fasilitator yang membuat kegiatan pembelajaran kreatif dan menyenangka bagi
peserta didik yang membuat peserta didik memiliki pemahaman bermakna dalam
kegiatan pembelajaran
7. Aksi Nyata:
Apa manfaat
pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
topik ini bermanfaat
karena saya dapat memahami siswa saya secara menyeluruh, termasuk kemampuan
dasar mereka dan tujuan belajar mereka. Selain itu, saya dapat berlatih bekerja
sama dengan guru lainnya untuk mencapai tujuan akademik. Saya juga memiliki kemampuan
untuk mengoreksi diri saya sendiri, dan apa yang perlu saya ubah untuk menjadi
contoh bagi siswa saya.
Bagaimana Anda
menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saya untuk menjadi
guru berada di skala 8. Saya masih perlu belajar memahami kebutuhan peserta
didik. Saya juga harus mempelajari bagaimana bantuan yang diberikan kepada
siswa agar mereka belajar dengan menyenangka dan mencapai tujuan pembelajaran.
Apa yang perlu
Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Menggunakan berbagai
pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik siswa serta melibatkan teman sebaya yang lebih
kompeten sebagai sumber belajar dan bantuan
Komentar
Posting Komentar