Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural
SEL.11.2-T6-8 Aksi Nyata
1 |
Mulai Dari Diri |
Apa yang Anda pikirkan tentang
topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? Topik ini membahas mengenai
isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, politik dan ekonomi dalam pendidikan di Indonesia.
Sebelum mempelajari topik ini saya
akan mempelajari tentang penyelenggaraan pendidikan yang belum merata
baik karena faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta solusi sebagai
seorang pendidik untuk menjawab dan menghadapi tantangan isu-isu yang ada di
lapangan |
2 |
Eksplorasi Konsep |
Apa yang Anda pelajari dari
konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? Saya mempelajari konsep
isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dna politik. Isu-isu berbeda dipengaruhi
oleh latar belakang setiap peserta didik. Guru dituntut untuk melakukan
pembelajaran yang memihak peserta didik, dengan memperhatikan isu-isu
tersebut. Guru harus menentukan strategi scaffolding pada ZPD yang tepat
dengan memberikan bimbingan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan
kemampuan peserta didik. Setelahnya, guru dapat mengurangi secara perlahan
bantuan yang diberikan, serta memberi kesempatan peserta didik untuk
bereksplorasi secara mandiri |
3 |
Ruang Kolaborasi |
Apa yang Anda pelajari lebih
lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? Hal yang saya pelajari lebih
lanjut bersama rekan-rekan adalah penyelenggaraan pendidikan indonesia yang
belum merata terutama daerah yang memiliki kondisi geografis, sosial,
ekonomi, dan budaya yang kurang berkembang yaitu daerah 3T (Terluar,
Terdepan, Tertinggal). Hal ini mengakibatkan banyak anak yang tidak
mendapatkan kesempatan belajar yang layak serta mengharuskan anak ikut bekerja.
isu lainnya adalah banyak masyarakat yang masih belum mengurus dan memenuhi
administrasi sebagai warga Indonesia. Hal ini menjadi salah satu isu hambatan
penyelenggaraan pendidikan. Guru dituntut untuk dapat menciptakan
pembelajaran bagaimanapun kondisi kelas dan lingkungannya. |
4 |
Demonstrasi Kontekstual |
Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama
kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? Hal penting yang saya pelajari
dari proses demonstrasi kontekstual adalah pembahasan bahwa isu-isu
penyelenggaraan pendidikan akan memberikan dampak yang besar terhadap
bagaimana seharusnya pendidikan dilaksanakan. Peran guru tidak hanya bertugas
memberikan ilmu kepada peserta didik, namun, guru juga dapat berperan sebagai
inovator pengadaan pendidikan, serta mengedukasi masyarakat mengenai
kesadaran pendidikan Sesi presentasi pada tahap demonstrasi juga menjadi
momen kami bertukar dan menyatukan pemikiran terkait materi yang sedang kami
pelajari |
5 |
Elaborasi Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang sudah
Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami
atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai? Apa yang ingin Anda pelajari
lebih lanjut? Hubungan antara sosial,
budaya, ekonomi, dan politik sangat mempengaruhi keberlangsungan pendidikan
Indonesia, seperti strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran yang
digunakan guru. Terdapat tantangan dan hambatan guru dalam menentukan
strategi yang tepat. Namun solusi yang dapat digunakan yakni, awalnya dengan
melakukan obsevasi peseta didik, melakukan kolaborasi melalui diskusi dan
menambah studi literatur untuk menentukan solusi yang tepat. Setelah itu
menerapkan solusi pada permasalahan dikehidupan nyata. Selanjutnya saya ingin
mempelajari bagaimana cara guru dalam menghadapi pesta didik yang memiliki
semangat belajar yang kurang dan ditambah dengan kurangnya fasilitas belajar
yang ada |
6 |
Koneksi Antar Materi |
Apa yang Anda pelajari dari
koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata
kuliah lain? Di dalam koneksi antar materi topik ini berkaitan dengan mata kuliah filosofi Pendidikan
Indonesia keterkaitannya dengan topik ini yaitu menurut Ki Hajar Dewantara pembelajaran
harus disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman, Isu-isu penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran termasuk dalam penyesuaian pembelejaran sesuai
dengan kodrat zaman. Selain
itu topik ini juga ada kaitannya dengan mata kuliah pemahaman
peserta didik yaitu Sebagai pengajar dan pendidik sudah menjadi kewajiban
untuk mengenal peserta didik, Pada mata kuliah PPDP ini mempelajari bagaimana
melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik serta menciptakan
lingkungan belajar yang amandan nyaman, Langkah awal dalam mengenal peserta
didik jugaharus mengetahui isu-isu yang sedang terjadi terkait dengansosial,
budaya, ekonomi dan politik peserta didik yang berkaitan dengan pembahasan
ditopik 6 ini, |
7 |
Aksi Nyata |
Apa manfaat pembelajaran ini
untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai
kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan
lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? Mempelajari topik ini saya
menjadi lebih memahami bahwa dalam memberikan pembelajaran kepada peserta
didik perlu memperhatikan isu-isu pendidikan berdasarkan perspektif sosial,
budaya, ekonomi, dan politik. Sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan
baik melalui strategi, metode, teknik, dua model yang efektif. Kesiapan saya
ada di rentang 9 dari 10 hal ini karena saya sudah mempelajari materi-nateri
yang diberikan terkait mata kuliah ini. Namun saya juga masih harus banyak
belajar lagi mengenai cara memahami isu-isu pendidikan yang lebih efektif |
Komentar
Posting Komentar