Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural

SEL.11.2-T6-8 Aksi Nyata


By: Syamsul Arifin
PPG Prajabatan 2023

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Topik ini membahas mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, politik dan ekonomi dalam pendidikan di Indonesia. Sebelum mempelajari topik ini saya  akan mempelajari tentang penyelenggaraan pendidikan yang belum merata baik karena faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta solusi sebagai seorang pendidik untuk menjawab dan menghadapi tantangan isu-isu yang ada di lapangan

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Saya mempelajari konsep isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dna politik. Isu-isu berbeda dipengaruhi oleh latar belakang setiap peserta didik. Guru dituntut untuk melakukan pembelajaran yang memihak peserta didik, dengan memperhatikan isu-isu tersebut. Guru harus menentukan strategi scaffolding pada ZPD yang tepat dengan memberikan bimbingan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan kemampuan peserta didik. Setelahnya, guru dapat mengurangi secara perlahan bantuan yang diberikan, serta memberi kesempatan peserta didik untuk bereksplorasi secara mandiri

3

Ruang Kolaborasi

 

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Hal yang saya pelajari lebih lanjut bersama rekan-rekan adalah penyelenggaraan pendidikan indonesia yang belum merata terutama daerah yang memiliki kondisi geografis, sosial, ekonomi, dan budaya yang kurang berkembang yaitu daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal). Hal ini mengakibatkan banyak anak yang tidak mendapatkan kesempatan belajar yang layak serta mengharuskan anak ikut bekerja. isu lainnya adalah banyak masyarakat yang masih belum mengurus dan memenuhi administrasi sebagai warga Indonesia. Hal ini menjadi salah satu isu hambatan penyelenggaraan pendidikan. Guru dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran bagaimanapun kondisi kelas dan lingkungannya.

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual adalah pembahasan bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan akan memberikan dampak yang besar terhadap bagaimana seharusnya pendidikan dilaksanakan. Peran guru tidak hanya bertugas memberikan ilmu kepada peserta didik, namun, guru juga dapat berperan sebagai inovator pengadaan pendidikan, serta mengedukasi masyarakat mengenai kesadaran pendidikan Sesi presentasi pada tahap demonstrasi juga menjadi momen kami bertukar dan menyatukan pemikiran terkait materi yang sedang kami pelajari

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Hubungan antara sosial, budaya, ekonomi, dan politik sangat mempengaruhi keberlangsungan pendidikan Indonesia, seperti strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran yang digunakan guru. Terdapat tantangan dan hambatan guru dalam menentukan strategi yang tepat. Namun solusi yang dapat digunakan yakni, awalnya dengan melakukan obsevasi peseta didik, melakukan kolaborasi melalui diskusi dan menambah studi literatur untuk menentukan solusi yang tepat. Setelah itu menerapkan solusi pada permasalahan dikehidupan nyata. Selanjutnya saya ingin mempelajari bagaimana cara guru dalam menghadapi pesta didik yang memiliki semangat belajar yang kurang dan ditambah dengan kurangnya fasilitas belajar yang ada

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Di dalam koneksi antar materi topik ini berkaitan dengan mata kuliah filosofi

Pendidikan Indonesia keterkaitannya dengan topik ini yaitu menurut Ki Hajar Dewantara pembelajaran harus disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman, Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran termasuk dalam penyesuaian pembelejaran sesuai dengan kodrat zaman.

Selain itu topik ini juga ada kaitannya dengan mata kuliah

pemahaman peserta didik yaitu Sebagai pengajar dan pendidik sudah menjadi kewajiban untuk mengenal peserta didik, Pada mata kuliah PPDP ini mempelajari bagaimana melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik serta menciptakan lingkungan belajar yang amandan nyaman, Langkah awal dalam mengenal peserta didik jugaharus mengetahui isu-isu yang sedang terjadi terkait dengansosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik yang berkaitan dengan pembahasan ditopik 6 ini,

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Mempelajari topik ini saya menjadi lebih memahami bahwa dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik perlu memperhatikan isu-isu pendidikan berdasarkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik melalui strategi, metode, teknik, dua model yang efektif. Kesiapan saya ada di rentang 9 dari 10 hal ini karena saya sudah mempelajari materi-nateri yang diberikan terkait mata kuliah ini. Namun saya juga masih harus banyak belajar lagi mengenai cara memahami isu-isu pendidikan yang lebih efektif

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL AKSI NYATA TOPIK 2

SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata