SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata

TOPIK 3 
AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL 
Nama: Syamsul Arifin
NIM  :  240211105800

No.

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai topik pembelajaran hal yang perlu dipikirkan adalah bagaimana metode yang dapat digunakan agar dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dengan latar belakang yang berbeda-beda

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Hal yang dipelajari dalam konsep ini adalah pendekatan, strategi, metode, Teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Pendekatan tersebut saya pelajari dari beberapa teori ahli yang memaparkan konsep serta pendekatan yang dapat dilakukan dalam menerapkan pembelajaran pada kondisi perspektif sosiokultural yang berbeda pada peserta didik.

3

Ruang Kolaborasi

 

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi kami diminta untuk memberikan pandangan mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses Pendidikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam menghadapi perspektif sosiokultural yang berbeda, guru harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dimulai dari merancang, melakukan, dan merefleksi pembelajaran yang berjalan beriringan dengan perspektif tersebut. Pembelajaran dapat lebih bermakna karena di sesuikan dengan kebutuhan, kemampuan dan minat peserta didik.

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada demonstrasi kontekstual menerima dari masing-masing kelompok, menemukan persamaan dan perbedaan dari masing-masing pendapat mengenai penerapan metode perspektif pada pembelajaran sehingga kami mendapatkan pemahaman dari teman-teman kelompok dan menambah pengetahuan kami sebagai calon guru.

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Perspektif ini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena  berdasarkan pada teori pembelajaran sosial dari Vygotsky, yang mengatakan bahwa individu belajar melalui interaksi dengan orang lain dan dengan lingkungan. Sebagai calon pendidik penting untuk memahami perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran agar dapat menentukan strategi, metode, model, dan media pembelajaran yang tepat sehingga berdampak pada peningkatan kompetensi peserta didik. Melalui pemahaman yang diperoleh dari topik bahasan ini, saya dapat menjadi lebih tahu bagaimana cara menyikapi peserta didik yang berasal dari keluarga dengan status sosial ekonomi yang berbeda.

 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

·   Pentingnya pengaruh perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik di dalam Pendidikan.

·    Pentingnya pendekatan, strategi, metode, Teknik pembejaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Saya ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana perspektif sosiokultural dapat diterapkan dalam pembelajaran online, karena saya menyadari bahwa pembelajaran online memiliki tantangan dan peluang yang berbeda dari pembelajaran tatap muka. Saya ingin mengetahui bagaimana guru dapat memanfaatkan teknologi untuk mendukung interaksi, kolaborasi, dan mediasi yang berkualitas antara siswa dan dengan guru, serta bagaimana guru dapat mengakomodasi keberagaman dan keunikan siswa yang berasal dari latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda dalam pembelajaran online. 

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Mata kuliah perspektif sosiokultural berkaitan dengan mata kuliah yang ada, bahwa setipa siswa harus mendapatkan pengalaman pembelajaran yang efektif. Melalui perspektif sosiokultural dapat membantu dalam memahami bagaimana factor-faktor sosial dan budaya dapat mempengaruhi pemahaman siswa dan bagaimana pendekatan pembelajaran dapat disesuikan dengan kebutuhan mereka.

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaatnya bagi saya adalah dapat pemahaman tentang bagaimana factor-faktor sosial dan budaya dapat mempengaruhi pembelajaran dan bagaimana pendekatan pembelajaran dapat disesuikan dengan kebutuhan siswa. Dengan memahami perspektif ini kita dapat memahami siswa dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi kebutuhan peserta didik

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya menilai kesiapan saya dengan nilai 7 karena saya masih perlu belajar lagi baik untuk memperdalam pemahaman saya sehingga saya dapat menerapkan dengan baik kepada peserta didik saya.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Yang perlu disiapkan adalah membaca sumber-sumber yang relevan, mengikuti pelatihan atau workshop, dan berkolaborasi dengan teman guru atau teman sejawat dan juga orang tua murid agar nantinya dapat memahami kebutuhan dan kesiapan peserta didik dengan baik.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL AKSI NYATA TOPIK 2

Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural