PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL AKSI NYATA TOPIK 2
AKSI NYATA TOPIK 2
PERSPEKTIF
SOSIOKULTURAL
Oleh: SYAMSUL
ARIFIN
Mulai dari diri
Apa yang Anda pikirkan
tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawab: yang saya pikirkan
pada topik ini adalah pengetahuan tentang Status Ekonomi Sosial SES), hal-hal
yang penting yang mempengaruhi SES dalam pendidikan dan teori yang melatar
belakangi SES dalam Pendidikan.
Eksplorasi
Konsep
Apa yang Anda pelajari dari
konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawab: Yang saya pelajari
dalam topik ini adalah Status Sosial Ekonomi (SES) adalah cara untuk
mengelompokkan individu dan keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status
sosial mereka. Ini memiliki peran penting dalam konteks pengajaran karena
setiap peserta didik memiliki latar belakang ekonomi yang beragam. Pada
dasarnya, status sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu factor yang
dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Factor-faktor yang membentuk status
sosial ekonomi ini meliputi tingkat pekerjaan, tingkat Pendidikan, dan
pendapatan bulanan orang tua.
Kesimpulannya, semakin
tinggi status sosial ekonomi orang tua, semakin baik pula fasilitas belajar
anak di rumah dapat terpenuhi, ini dapat memberikan dorongan positif bagi siswa
dalam proses belajarnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar
siswa.
Ruang
Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih
lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab: Dari ruang kolaborasi saya melakukan diskusi kelompok mengenai buku berjudul belajar berdemokrasi dari buku mengajar untuk perubahan, Ray Sang Pecandu Online Game, dari buku Mengajar untuk Perubahan, Literasi Dasar, dari Buku Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola yang membahas hubungan dengan teori sosiokultural dalam Pendidikan, bagaimana sosial budaya dalam Pendidikan dan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan bacaan tersebut kita sebagai seorang pendidik terinspirasi betapa pentingnya pendidikan dengan menanamkan nilai keberagaman budaya yang menjadi motivasi untuk kita agar dapat menyediakan Pendidikan yang berkualitas di Indonesia.
Demonstrasi Konstektual
Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Jawab: dalam proses demonstrasi konstektual yang di pelajari bersama kelompok kami belajar untuk saling mengevaluasi apa yang telah kami kerjakan, dalam evaluasi ini kami berbagi pendapat, berkomunikasi bersama dan saling membantu.
Elaborasi Pemahaman
Sejauh
ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda
pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai
?Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Setelah
mempelajari lebih dalam lagi terhadap topik ini, saya memahami bahwa dampak
dari faktor sosial ekonomi terhadap dinamika kegiatan pembelajaran semakin
meningkat. Salah satu perspektif baru yang dapat saya temukan yaitu tanggapan
terhadap pentingnya pendekatan pendidikan sosiokultural dalam proses membentuk
wawasan yang lebih kuat terhadap proses pembelajaran. Hal ini juga menggaris
bawahi bahwa guru perlu unuk memiliki pengetahuan yang lebih dalam terhadap
latar belakang sosial ekonoli dari setiap peserta didiknya, hal ini dapat
berperan sebagai pedoman untuk merancang pembelajaran yang lebih tepat.
Dengan demikian, minat yang saya miliki menjadi lebih berkembang untuk melakukan pemahaman yang lebih mendalam terhadap metode serta strategi yang bisa seorang guru gunakan dalam upaya menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik yang memiliki berbagai latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda. Hal ini juga dapat menjadi tantangan yang menarik serta relevan, yaitu bagaimana caranya agar guru mampu menciptakan suasana belajar dengan memperhatikan serta lebih memahami adanya keberagaman sosial ekonomi peserta didiknya, bersamaan dengan memastikan jika semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai potensi yang mereka punya. Dengan begitu, saya memilik tekad yang besar untuk lebih memahami topik ini secara luas dan mendalam agar saya mampu melakukan identifikasi secara praktik dan mampu menciptakan strategi yang dapat membantu guru menjadi kan perubahan yang lebih efektif dalam menunjang perkembangan peserta didik dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.
Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari
koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata
kuliah lain?
Jawab: terdapat keterkaitan dengan mata kuliah lain yaitu filosofi Pendidikan di Indonesia yang membahas tentang perjalanan pendidikan Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang multikultural, serta pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman peserta didik. berdasarkan hal tersebut keragaman peserta didik baik dari latar belakang sosial, budaya politik dan ekonomi tetap berhak mendapatkan pendidikan yang sama.
Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini
untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat dari pembelajaran
ini adalah sebagai landasan awal untuk memahami pengaruh status sosial ekonomi
(SES) dari perspektif sosiokultural serta bagaimana mengaplikasikansnya.
Bagaimana Anda menilai
kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya merasa cukup dengan
kesiapan 8, karena memiliki pemahaman dasar tentang konsep sosiokultural dalam
SES
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya
dengan optimal? Yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah cara menghadapi
perbedaan SES dalam konteks pembelajaran dan merancang strategi pembelajaran,
tanpa memandang perbedaan status sosial ekonomi individu.
Komentar
Posting Komentar