PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL AKSI NYATA TOPIK 2

AKSI NYATA TOPIK 2

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL

Oleh: SYAMSUL ARIFIN

 

Mulai dari diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawab: yang saya pikirkan pada topik ini adalah pengetahuan tentang Status Ekonomi Sosial SES), hal-hal yang penting yang mempengaruhi SES dalam pendidikan dan teori yang melatar belakangi SES dalam Pendidikan.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Jawab: Yang saya pelajari dalam topik ini adalah Status Sosial Ekonomi (SES) adalah cara untuk mengelompokkan individu dan keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosial mereka. Ini memiliki peran penting dalam konteks pengajaran karena setiap peserta didik memiliki latar belakang ekonomi yang beragam. Pada dasarnya, status sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu factor yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Factor-faktor yang membentuk status sosial ekonomi ini meliputi tingkat pekerjaan, tingkat Pendidikan, dan pendapatan bulanan orang tua.

Kesimpulannya, semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua, semakin baik pula fasilitas belajar anak di rumah dapat terpenuhi, ini dapat memberikan dorongan positif bagi siswa dalam proses belajarnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Jawab: Dari ruang kolaborasi saya melakukan diskusi kelompok mengenai buku berjudul belajar berdemokrasi dari buku mengajar untuk perubahan, Ray Sang Pecandu Online Game, dari buku Mengajar untuk Perubahan, Literasi Dasar, dari Buku Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola yang membahas hubungan dengan teori sosiokultural dalam Pendidikan, bagaimana sosial budaya dalam Pendidikan dan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan bacaan tersebut kita sebagai seorang pendidik terinspirasi betapa pentingnya pendidikan dengan menanamkan nilai keberagaman budaya yang menjadi motivasi untuk kita agar dapat menyediakan Pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

Demonstrasi Konstektual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawab: dalam proses demonstrasi konstektual yang di pelajari bersama kelompok kami belajar untuk saling mengevaluasi apa yang telah kami kerjakan, dalam evaluasi ini kami berbagi pendapat, berkomunikasi bersama dan saling membantu.  

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Setelah mempelajari lebih dalam lagi terhadap topik ini, saya memahami bahwa dampak dari faktor sosial ekonomi terhadap dinamika kegiatan pembelajaran semakin meningkat. Salah satu perspektif baru yang dapat saya temukan yaitu tanggapan terhadap pentingnya pendekatan pendidikan sosiokultural dalam proses membentuk wawasan yang lebih kuat terhadap proses pembelajaran. Hal ini juga menggaris bawahi bahwa guru perlu unuk memiliki pengetahuan yang lebih dalam terhadap latar belakang sosial ekonoli dari setiap peserta didiknya, hal ini dapat berperan sebagai pedoman untuk merancang pembelajaran yang lebih tepat.

Dengan demikian, minat yang saya miliki menjadi lebih berkembang untuk melakukan pemahaman yang lebih mendalam terhadap metode serta strategi yang bisa seorang guru gunakan dalam upaya menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik yang memiliki berbagai latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda. Hal ini juga dapat menjadi tantangan yang menarik serta relevan, yaitu bagaimana caranya agar guru mampu menciptakan suasana belajar dengan memperhatikan serta lebih memahami adanya keberagaman sosial ekonomi peserta didiknya, bersamaan dengan memastikan jika semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai potensi yang mereka punya. Dengan begitu, saya memilik tekad yang besar untuk lebih memahami topik ini secara luas dan mendalam agar saya mampu melakukan identifikasi secara praktik dan mampu menciptakan strategi yang dapat membantu guru menjadi kan perubahan yang lebih efektif dalam menunjang perkembangan peserta didik dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawab: terdapat keterkaitan dengan mata kuliah lain yaitu filosofi Pendidikan di Indonesia yang membahas tentang perjalanan pendidikan Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang multikultural, serta pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman peserta didik. berdasarkan hal tersebut keragaman peserta didik baik dari latar belakang sosial, budaya politik dan ekonomi tetap berhak mendapatkan pendidikan yang sama.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Manfaat dari pembelajaran ini adalah sebagai landasan awal untuk memahami pengaruh status sosial ekonomi (SES) dari perspektif sosiokultural serta bagaimana mengaplikasikansnya.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya merasa cukup dengan kesiapan 8, karena memiliki pemahaman dasar tentang konsep sosiokultural dalam SES

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? Yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah cara menghadapi perbedaan SES dalam konteks pembelajaran dan merancang strategi pembelajaran, tanpa memandang perbedaan status sosial ekonomi individu.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural

SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata