AKSI NYATA TOPIK 1


Assalamualaikum Wr.Wb

Saya Syamsul Arifin dari PPG Prajabatan Gel 1 2023 akan membuat Aksi nyata dengan alur MERDEKA

langsung saja kita simak...

1.      Mulai dari diri Topik ini membahas pendidikan di Indonesia dengan mempertimbangkan perbedaan suku, etnis, budaya, dan bahasanya. Selain itu juga membahas pendidikan dari perspektif sosial, ekonomi, dan politik.

 

2.      Pada Ekplorasi konsep ini kita mempelajari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam Sejarah pendidikan di Indonesia. Dimana pada Sejarah zaman kolonial kita bisa belajar bahwa pendidikan hanya diselenggarakan secara terbatas, baik akses maupun tujuan pembelajarannya. Pendidikan hanya diberikan pada kalangan tertentu, sehingga faktor tersebut juga mempengaruhi bagaimana pembelajaran hanya difokuskan untuk tujuan praktis kepentingan bisnis penjajah sehingga yang diajarkan membaca dan menulis dasar saja. Jika dilihat pada masa sekarang penyelenggaraan Pendidikan pada saat ini bisa diakses dan sudah terbuka untuk siapa saja sehingga mereka bisa belajar hingga setinggi mungkin. Bila dilihat secara makro atau keseluruhan, faktor sosial budaya ekonomi dan politik bangsa ini sudah merdeka, sejahtera dan damai jika dibandingkan dengan masa penjajahan sehingga akses pendidikan di Indonesia sudah terbuka dan partisipasi untuk sekolah sudah tinggi.

 

3.      Pada Ruang Kolaborasi saya dengan rekan sekelompok mempelajari tentang keragaman latar belakang peserta didik yang disajikan dalam bentuk video. Dimana dalam video tersebut memiliki beberapa faktor penunjang yang berbeda-beda. Guru harus dapat menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan keragaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Untuk memasukkan keragaman ini ke dalam materi pelajaran, guru dapat menggunakan strategi belajar yang sesuai dengan tempat dearah mereka masing-masing.

 

 

4.      Dalam Demonstrasi Kontekstual, kita belajar tentang paparan presentasi dari jawaban yang diberikan setiap kelompok, yang memungkinkan penjabaran masalah yang lebih luas. Dalam demonstrasi kontekstual, kita juga dapat menyampaikan kekurangan dan kelebihan dari setiap kelompok untuk menjadi perbaikan.

 

5.      Setelah mempelajari topik ini saya mendapatkan pemahaman mengenai relevansi dari teori sosiokultural yang saling berhubungan. Yang pertama adalah pendidikan multikultural, di mana siswa berasal dari beragam latar belakang etnis, budaya, bahasa, dan agama, pendekatan sosiokultural dapat memberikan landasan penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif.  Yang kedua mediasi dalam konteks pembelajaran mengacu pada peran yang dilakukan oleh individu atau alat dalam membantu siswa memahami konsep atau informasi baru. Ini adalah konsep yang terkait erat dengan teori sosiokultural yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky. Mediasi melibatkan segala bentuk bantuan, dukungan, atau fasilitasi yang membantu siswa mengatasi hambatan dalam pembelajaran dan mencapai pemahaman yang lebih dalam. Yang ke tiga potensi belajar, konsep yang penting dalam pendidikan karena menekankan pentingnya melihat setiap siswa sebagai individu yang unik dengan potensi sendiri.

 

6.      Koneksi antar materi: pada materi ini saya menggambarkan perspektif sosiokultural dengan mata kuliah lainnya dalam bentuk mind map, berdasarkan hal tersebut saya mengetahui bahwa materi perspektif sosiokultural memili keterkaitan dengan materi kuliah lainnya seperti materi filosofi Pendidikan, pemahaman peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen serta literasi dalam lintas mata Pelajaran yang mana keterkaitan tersebut memiliki keterhubungan dan saling melengkapi.

 

7.      Pada tahap Aksi nyata ini manfaat pembelajaran yang saya dapatkan dalam mempelajari topik ini akan membantu saya mempersiapkan diri saya untuk menjadi guru. Sebagai guru saya harus siap menjadi mediator dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik dengan menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan juga menyesuaikan diri dengan keadaan sosial budaya lingkungan belajar peserta didik. Saya menilai kesiapan saya pada skala 7 dimana saya perlu mempelajari lebih lanjut materi ini agar nanti bisa saya terapkan di kelas.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL AKSI NYATA TOPIK 2

Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural

SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata